Wednesday, April 18, 2007

Bubur Sop Ayam Cirebon


Pas buka-buka Majalah Sedap edisi 36/VII/07 seneng banget ada resep Bubur Sop Ayam Cirebon...Jadi nostalgia..Kalo diajak belanja ke supermarket Yogya (lama) sama Mamah,pasti 'pajak'nya makan Bubur Sop Ayam Mang Kappi di Jalan Siliwangi..Kalo sakit,bubur ini juga jadi andalan supaya tetep mau makan..


Di Cirebon,bubur ini dijadikan makanan malam dibandingkan sebagai makanan sarapan.Penjual bubur mulai berjualan setelah lewat jam 4 sore..


Bikin yuuk...:)


*resep dari Majalah Sedap dengan sedikit modifikasi*


BAHAN BUBUR :

300gr beras
3 3/4 sendok teh garam
3600 ml air
3 lembar daun salam
1 batang sereh,keprek


BAHAN SOP:

1/2 ekor ayam
2500 ml air
2 blok kaldu ayam *optional*
2 sdm garam
1 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk
2 tangkai seledri
1 sdm minyak untuk menumis


BUMBU HALUS:

6 siung bawang putih
3 butir bawang merah


PELENGKAP

225 gr kol.iris tipis,seduh
135 gr taoge,seduh
2 batang daun bawang,iris halus
41/2 sdm bawang goreng untuk taburan
41/2 sdm kecap manis
kerupuk kanji/aci
Sambel cabe rawit


CARA MEMBUAT :

1. Bubur, rebus beras,garam dan air sambil diaduk hingga kental
2. Sup, tumis bumbu halus sampai harum. Tambahkan ayam.Aduk sampai berubah warna.
3. Masukkan air,kaldu ayam,garam,merica bubuk dan pala bubuk.Masak sampai mendidih dan matang
4. Menjelang diangkat,tambahkan daun seledri.Aduk rata.Angkat ayam.Goreng sebentar.Suwir-suwir ayam.Sisihkan.
5. Sajikan bubur dengan pelengkap dan disiram kuah



14 Comments:

  • Ntar maleman gw ke rumah lo yak!(dreaming mode on)he..he..he.. enak ngga buburnya? :P

    By Anonymous Imel, at 7:23 PM  

  • Tok...tok...tok...punten...buburnya masih ada gak Len...?
    *sambilbawamangkok*

    By Blogger Trie Mayor, at 9:59 PM  

  • Enyaakkkkk banaget... aduh ampe ga inget ma akang teh... hehehee... kapan-kapan mo nyoba ah... tararengkyu yahhh....

    By Blogger tie, at 10:22 PM  

  • huhuhuhu, jd pengen balik ke cerbon, setidaknya mimpi, ntar malem pengen beli yg di deket grage.. hiks2..

    By Blogger deph, at 1:09 PM  

  • mo nyobain ah... enak kayaknya, tp takes time ya bikinnya/???

    By Anonymous coni, at 12:11 PM  

  • wah setiap mampir kesini ada aja makanan baru. Tersedia gak di kedai ibu :)

    By Anonymous ati, at 6:30 PM  

  • Enak, seger karena ada taugenya :)

    By Blogger eChie, at 9:45 PM  

  • teh cuman mo kasih tau kalo kibotku basah gara2 liat bubur sop tadi..

    By Blogger Gege, at 11:16 PM  

  • sluuurrpp... btw emang gak pake tauco gituw...??? bukannya ada aroma2 tauconya ya... *sok tau*

    By Blogger Keira Adzra Athayya, at 5:55 PM  

  • glek... *nelen ludah*

    By Blogger cika, at 1:00 AM  

  • tadi pas ujan kepikiran enaknya makan bubur ayam cirebon,pas cari2 resep..ketemu ama resep yang dicari,tapi...emang ada yang kurang deh ,ga ada tauconya...soalnya tauco itu yang bikin rasanya beda..

    By Blogger diniirianty, at 3:25 PM  

  • Mbak, bubur ayam mang kapi bukan di jl. siliwangi tapi jl. tentara pelajar (gn. sari)
    kalo di jl. siliwangi bubur ayam mang johar, lupa ya :)
    emang dr crb? dmn?

    salam kenal,
    rina - cirebon

    By Anonymous Rina, at 2:38 PM  

  • Jadi inget dengan bubur sop di Cirebon deh Len, kalau mudik ke Cirebon yang tidak boleh lupa adalah jajan (tahu gejrot, empal gentong, bubur sop, mie koclok, rujak)...wah jadi pengen pulang

    By Blogger Ibunya Abhy dan Kanaya, at 3:34 PM  

  • lebih enak lgi bubur nya mang ipin di kragilan,plumbo.bubur sop ayam sedap malam...muantap bngt!!!!!!!ga ad tandingnnya deh!!!!

    By Anonymous Anonymous, at 5:17 PM  

Post a Comment

<< Home