Tuesday, September 26, 2006

Risoles


Bongkar-bongkar foto,inget moment waktu bikin foto makanan ini.Rombongan Bukit Batok dengan pasukan lengkap segambreng ke Tampines.Dateng-dateng langsung kelaperan,apalagi liat banyak sample makanan buat di foto :). Liat risoles, Zidan langsung bilang :" Tante, fotonya cepetan ya.. Abang dah laper ". Hehehe..langsung si risoles difoto pertama, dan begitu selesai 4 buah berpindah ke perut Zidan..
Sweet memory :)

Yuk..yuk..bikin buat camilan buka puasa..

Bahan :
minyak goreng untuk menggoreng,secukupnya

Kulit : (campur dan aduk rata,bila perlu saring )

150 gr tepung terigu
1/2 sdt garam
2 butir telur
400 ml air
2 sdm minyak goreng

Isi :
2 sdm margarin,untuk menumis
6 buah bawang merah,iris tipis
50 gram terigu
250 ml susu cair
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk
4 sdm gula pasir
1 buah dada ayam,rebus matang,potong2 (bisa diganti dengan daging cincang atau corned)
2 batang wortel,kupas potong dadu
1 batang daun bawang,iris halus

Perekat : (aduk rata)
2 sdm tepung terigu
6 sdm air

Adonan pelapis :
50 gram tepung terigu dan 100ml air,aduk rata
200 gram tepung panir atau bisa memakai bread crump yang sebelumnya diblender untuk hasil yang lebih halus lagi

Cara membuat :
1. Kulit : buat dadar tipis dengan menggunakan wajan bulat anti lengket.Untuk ukuran terserah sesuai selera
2. Isi : panaskan margarin,tumis bw merah hingga harum,masukkan tepung terigu, aduk rata.Tambahkan susu cair,garam,merica,pala,gula pasir. Masak hingga mengental,masukkan ayam,wortel,daun bawang. Masak hingga bumbu meresap.angkat
3. Ambil selembar kulit,isi dengan adonan isi ( bila suka bisa juga ditambahkan cincangan telor rebus). Gulung seperti amplop.Lakukan sampai adonan habis.Masukkan ke dalam adonan pelapis,tiriskan dan balut dengan tepung panir. Simpan dalam lemari es kira2 1 jam
4. Goreng dalam minyak panas hingga bewarna kecoklatan dan matang. Angkat dan tiriskan
5. Makan dengan cabe rawit :)

*untuk 20-25 buah tergantung ukuran,risol yang belum digoreng bisa disimpan di kulkas sekitar 1 minggu *

Coba tebak,apa hubungannya risol sama emping di foto di atas.....??? hehe..
Foto diatas dijepret oleh Mantan Preman Wesmol,sebelum doi ngacir ke Batam Centre..

6 Comments:

  • Risolesnya.. bener2 menggoda selera, dirumah yg suka cuma saya saja jadi kalo mo bikin males... lempar sini dong pengen nyicip he..he..

    By Blogger tie, at 8:41 AM  

  • Hoadooohhhh.. menggoda bgts, Bos!

    By Anonymous Hany, at 9:26 AM  

  • hihi, resep kulit dan isi dah dimodifikasi ya jeng el?

    By Blogger wafa-bunda, at 12:25 PM  

  • Untung udah buka jd gak ngeces liat risolesnya :)

    By Blogger Nia, at 10:20 PM  

  • Mauuuuu.... :p

    By Blogger Irma, at 2:45 PM  

  • Mba.. boleh nyontek resepnya ya...

    By Blogger Henny, at 1:45 PM  

Post a Comment

<< Home